Friday, 24 May 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW : Membina Generasi, Membangun Negeri.

Bekasi (4/11/2022)- Hari Rabu (2/11/2022), Unit Thariq Bin Ziyad Boarding School mengadakan agenda Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tabligh akbar ini berlangsung di komplek Thariq Bin Ziyad Boarding School, Perumahan Grand Cikarang City, Kabupaten Bekasi. Disamping memperingati Maulid Nabi SAW, acara ini juga diadakan utntuk memperingati hari santri nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2022 yang lalu.

Tabligh Akbar yang diadakan oleh Thariq Bin Ziyad Boarding mengangkat tema ” Membina Generasi, Membangun Negeri”. Tabligh akbar kali ini menghadirkan pembicara utama yaitu Ust. Subki Al-Bughury, S. Sos, M.Ag. Beliau adalah Da’i yang juga merupakan salah satu juri program da’i di stasiun televisi swasta nasional.

Jalannya acara

Acara diawali dengan penampilan Hadroh yang dibawakan oleh santri-santri Thariq Boarding School, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh pembawa acara yaitu Ahsan dan Tedy Rizmawan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tasmi’ Al-Qur’an yang dibawakan oleh ananda Pasha Ghufron Muhammad yang juga merupakan Juara 1 MHQ pada ajang pentas PAI tingkat Provinsi Jawa Barat 2022.

Acara tabligh akbar ini juga digunakan sebagai momen untuk menampilkan bakat dari santri Thariq Bin Ziyad Boarding yaitu pidato dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Setelah penampilan bakat, acara dilanjutkan dengan sambutan yang di sampaikan oleh Direktur Thariq Boarding yaitu Ust. Adih Amin, Lc. MA. Dalam sambutannya beliau menegaskan kembali bahwa Thariq Bin Ziyad Boarding mengusung konsep A3B (Akhlak, Al-Qur’an, Akademik, dan Bahasa) dalam pembelajarannya. ” Pesantren Thariq Bin Ziyad adalah pesantren yang menganut ahlus sunnah wal jamaah (Aswaja), sehingga peringatan maulid nabi Muhammad SAW rutin diadakan setiap tahunnya” ujarnya. Dalam kesempatan ini, Adih Amin juga menginformasikan berbagai prestasi yang sudah diraih oleh santri-santri TBZ Boarding yaitu prestasi MHQ, prestasi akademik (juara OSN), dan juga prestasi dalam bidang bahasa.

Setelah sambutan dari Direktur Thariq Boarding, acara dilanjutkan dengan agenda inti yaitu tausyiah yang disampaikan oleh Ust. Subki Al-Bughury. Tausyiahnya dimulai dengan mengajak para hadirin untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kesehatan yang Allah berikan sampai saat ini. Karena selama pandemi covid-19 sangat banyak ulama dan ustadz yang dipanggil Allah SWT. ” Ketika ulama wafat, sulit untuk mencari gantinya. Tapi jika pejabat yang wafat maka orang akan banyak yang bersedia menggantinya. Bahkan ketika masih menjabat pun orang sudah antri untuk menggantikannya ” imbuhnya.

Gaya penyampaian Ust. Subki yang cair serta diselingi dengan beberapa humor membuat hadirin nyaman dalam menyimak tausyiahnya. Dalam kesempatan ini, beliau juga menyampaikan bahwa dengan menyekolahkan anak-anak di pesantren, maka orangtua secara tidak langsung telah menjaga diri dan keluarganya dari siksa neraka. ” Bagi orangtua yang saat ini anak-anaknya berada di pesantren, ini adalah investasi karena bagian dari menjaga diri dan keluarga dari siksa neraka” ujarnya. Beliau mengatakan bahwa di pesantren anak-anak dididik dan di berikan Ilmu serta di ajarkan untuk ihtirom kepada orangtua dan guru.

Baca juga : Labbaik Allahumma Labbaik ! 8 Guru Dan Karyawan LPIT TBZ Raih Reward Umroh Tahun 2022-2023.

Baca juga : Thariq Boarding : Alhamdulillah, Santri SMPIT TBZ Boarding School Meraih Juara 1 Di Lomba AKSI PAI 2022.

Mudah-mudahan dengan Tabligh Akbar ini dapat memberikan panduan bagi kita untuk mencontoh sikap dan perilaku Rasulullah dalam keseharian. Dengan mengamalkan perkataan dan perilaku Rasulullah, semoga kita menjadi golongan Ahlus Sunnah Wal Jamaah. (fr)

Simak video : Tabligh Akbar Thariq Bin Ziyad Boarding School (Ust. Subki Al-Bughury, S.Sos, M.Ag)

KELUAR